Rabu, 22 November 2017

5 Hal yang Semestinya Kamu Lakukan Disaat Temanmu Sedang Sedih

Bukan tanpa alasan temanmu datang padamu dan mengatakan dia sedang sedih. Itu tandanya kamu adalah satu dari banyak orang yang dia percaya untuk mencurahkan segala keluh kesah yang ada di dalam hatinya. Jadilah bijaksana dengan menerimanya dan memberinya tempat berlindung. Jangan tambahkan bebannya dengan penolakan, apalagi beralasan kamu sedang sibuk.

Berikut ini adalah 5 hal yang seharusnya kamu lakukan saat temanmu sedang sedih. Kamu perlu melakukan ini untuk membuatnya merasa lebih baik. Yuk, simak artikel berikut!

5. Dengarkan semua yang dia katakan tanpa mengkritiknya


Pastikan kamu menutup mulutmu selama dia berbicara. Dia sedang sedih dan berada dalam kondisi hati yang kurang baik. Dia butuh didengarkan dan jangan sampai kamu mengkritik hanya karena kamu nggak setuju dengan pemikirannya.

4. Mencoba mengerti apapun yang dia katakan


Jangan sampai kamu sibuk dengan kegiatanmu atau ponselmu yang bisa dia anggap bahwa kamu mengabaikannya. Pastikan kamu benar-benar tulus ingin mengertinya dan menyatakan itu lewat raut wajahmu.

3. Biarkan dia melakukan apapun yang dia mau



Orang yang sedang sedih biasanya merasa bahwa hidupnya sangat nggak adil dan kamu nggak akan bisa mengembalikannya seperti semula. Satu-satunya cara adalah dengan membiarkan dia melakukan apa yang dia mau termasuk mengomelimu. Bisa jadi, dia akan merasa jauh lebih baik setelah meluapkannya.

2. Memberikan masukan yang positif hanya membuatnya semakin berpikir negatif


Mungkin maksudmu baik dengan berkata “Semuanya akan baik-baik saja” atau “Kamu pasti bisa” tapi terkadang bukan itu yang orang butuhkan. Dia hanya butuh kamu ada untuknya. Memberikan masukan positif padanya yang rentan hanya akan membuatnya semakin rapuh saja.

1. Berikan pelukan padanya untuk membuktikan kalau kamu peduli dia


Terkadang, orang yang sedang sedih nggak butuh kata-kata bijak. Dia hanya butuh seseorang yang ada untuknya dan nggak meninggalkannya disaat terpuruk. Dia hanya ingin menangis untuk meluapkan semua masalahnya dan dia hanya butuh ditemani.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan disaat ada teman atau sahabatmu yang sedang sedih. Jadilah seseorang yang terbaik dan juga selalu mendukung disaat dia membutuhkanmu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar