Jumat, 20 April 2018

Jangan Kebanyakan! 5 Ikan Laut Ini Mengandung Mercuri Paling Tinggi

Hasil laut terutama ikan, banyak dikonsumsi karena dipercaya sebagai sumber protein dan gizi lainnya yang baik bagi kesehatan. Tapi kita juga harus bisa memilih ikan yang layak dikonsumsi secara sehat, karena beberapa jenis ikan diantaranya mengandung merkuri tinggi yang bisa berdampak buruk kalau disantap berlebihan.

Agar bisa lebih berhati-hati, simak 5 jenis ikan berikut yang mengandung merkuri paling tinggi.

5. Ikan todak




Ikan pedang atau ikan todak mengandung merkuri dalam jumlah besar. Semakin besar dan semakin lama usia ikan, kandungan merkurinya juga akan semakin tinggi.

4. Ikan gindara



Ikan gindara biasanya bisa ditemukan dengan mudah dalam perairan subtropis di seluruh dunia. Ikan ini memiliki beberapa nama lain seperti makarel ular, walu walu, tuna putih, atau butterfish. Mengonsumsi ikan gindara ternyata dapat menimbulkan diare. Zat racun  gempylotoxin juga bisa memicu masalah pada usus kalau dimakan berlebihan.

3. Ikan kakap Chile



Ikan kakap chile bertekstur lembut dan rasa yang unik. Tanpa diberi seasoning pun, daging ikan ini sudah terasa gurih. Namun, ternyata di balik kelembutan dagingnya, ikan ini punya kandungan merkuri tinggi sehingga konsumsinya perlu dibatasi.

2. Ikan tuna sirip biru



Tuna sirip biru merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi dan terancam punah. Tuna sirip biru pun mengandung merkuri tinggi sehingga konsumsinya perlu dihindari.

1. Ikan hiu



Kandungan merkuri pada sejumlah hiu bisa sangat tinggi. Sedangkan seperti yang kita tau, merkuri merupakan zat yang bisa berdapak negatif bagi tubuh.

Nah, itu dia beberapa jenis ikan mengandung merkuri tinggi yang perlu kamu ketahui. Tetap batasi konsumsinya agar tidak membahayakan tubuh dan sayangilah tubuhmu :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar