Jumat, 04 Mei 2018

5 Tips Menjaga Susu Agar Bisa Tetap Terjaga Kesegarannya

Susu merupakan minuman bergizi tinggi yang dihasilkan oleh hewan ternak seperti sapi, kambing, atau mungkin kerbau. Kandungan nutrisi susu sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Susu segar membutuhkan perlakuan khusus untuk menjaga kualitasnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kelezatan susu, Simak tips di bawah ini!

5. Jangan pernah mencampur susu yang telah diminum ke dalam susu yang masih segar


Terkadang tanpa disengaja kita mencampur kembali susu sisa dengan susu yang masih segar. Jika susu tidak habis diminum seluruhnya, simpan susu dalam wadah yang berbeda namun harus di simpan di lemari es. Usahakan menaruh susu tertutup agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

4. Jangan minum susu langsung dari botol


Susu yang langsung diminum dari botol akan mudah terkontaminasi bakteri. Hal ini dikarenakan bekas bibir banyak mengandung bakteri yang akan masuk ke sisa susu di dalam botol dan akan cepat merusak susu.

3. Susu yang tidak dipasteurisasi, harus segera direbus sampai mendidih


Susu yang diperah pada waktu sore mempunyai kandungan lemak susu yang lebih tinggi daripada susu yg diperah di pagi hari. Susu yang dipasteurisasi aman untuk diminum, namun bukan berarti susu tersebut sudah steril atau terbebas dari mikroorganisme.

2. Simpan susu di dalam lemari es dengan wadah tidak tembus cahaya


Tempat terbaik untuk menyimpan susu ada lemari es, namun menyimpan susu ditempat yang gelap lebih dianjurkan karena cahaya matahari dapat mengubah aroma susu dan merusak vitamin B2nya. Sebaiknya wadah untuk menyimpan susu terbuat dari bahan yang tidak tembus cahaya.

1. Jangan biarkan susu segar menganggur terlalu lama


Sifat dari susu sangat mudah rusak dan tidak tahan lama. Jika susu segar dibiarkan selama beberapa waktu, maka lemak susu akan mengumpul di permukaan dan menjadi krim susu. Kemudian bakteri perusak susu yang bertebaran di udara dan berkembangbiak dengan sangat cepat.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menjaga susu agar tetap terjaga kesehatannya. Mulai sekarang lebih diperhatikan lagi ya! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar