Rabu, 14 Februari 2018

Wow! 5 Makanan Ini Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Micin Lho!

Banyak yang beranggapan kalau memasak tanpa ada tambahan penyedap rasa, hasil masakan akan terasa kurang sedap. Penyedap rasa atau yang lebih sering dikenal dengan sebuatan micin bisa membuat makanan menjadi lebih gurih. Hal ini karena fungsinya sebagai penguat cita rasa jika digunakan dalam jumlah yang tepat, micin mempunyai kemampuan untuk memperkuat senyawa aktif rasa lainnya.

Di balik semua keunggulannya tersebut, ternyata micin juga kerap disangkut pautkan dengan tingkat kebodohan seseorang dan memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.
Nah untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan, ternyata ada lho bahan alternatif lain yang bisa digunakan selain micin untuk membuat masakan terasa sedap. Mau tau apa saja?

5. Konsentrat susu




Kandungan lemak dalam susu dapat menimbulkan sensasi lezat di lidah. Nggak cuma itu, susu juga mampu membantu melepaskan dan menutupi rasa makanan. Konsentrat ini terbuat dari enzim yang dimodifikasi dari mentega, krim dan keju.

4. Tomat


Jenis buah yang satu ini merupakan buah yang sangat bebas dari kandungan glutamat, namun tetap mampu menawarkan rasa micin alami. Rasanya akan semakin keluar jika tomat diolah secara dipanggang. Tomat juga kaya akan vitamin C dan E yang keduanya adalah antioksidan.

3. Kedelai




Kedelai ternyata bisa menjadi alternatif pengganti micin. Rasa yang diperoleh dari fermentasi kedelai memberikan sensasi sedap yang biasanya diberikan oleh micin. Selain itu, kedelai juga memiliki level protein tinggi dan mengandung nutrisi yang serupa dengan daging.

2. Rempah-rempah




Rempah-rempah mampu menambah rasa masakan dan menggugah selera makan. Mulai dari bawang putih, bawang merah, merica lada, kunyit, ketumbar, jinten dan masih banyak lagi. Semua bahan rempah ini jika diracik dengan tepat dapat menggantikan micin.

1. Jamur


Protein yang lebih tinggi dari senyawa micin ditemukan pada jamur. Jenis makanan yang satu ini dapat menjadi pengganti micin karena rasa gurih memang sudah terdapat dalam jamur itu sendiri. Bukan hanya itu, jamur juga kerap disajikan sebagai pengganti daging.

Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti penyedap rasa micin. Tanpa micin makanan yang kamu buat masih tetap bisa enak kok :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar