Kamis, 31 Mei 2018

5 Cara Membedakan Kurma Asli dan Kurma yang Menggunakan Pemanis Buatan

Kurma identik dijadikan sebagai menu buka puasa favorit. Rasanya yang manis dan legit menjadikan buah khas Arab ini begitu diminati khususnya bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Namun, di balik rasa manis kurma, ada saja oknum yang mencari untung dengan menambahkan pemanis buatan di dalamnya. Asalkan rasanya manis, banyak konsumen yang merasa dirugikan dengan keberadaan kurma-kurma palsu.
Berikut ini merupakan 5 cara sederhana untuk bisa membedakan kurma segar dengan kurma berpemanis buatan.

5. Kurma mudah dikerubungi semut


Dimana ada gula di situ ada semut. Kurma yang memiliki kandungan gula dan pemanis buatan biasanya akan dikerubungi oleh semut jika diletakkan di sembarang tempat. Berbeda dengan kurma asli yang meskipun disimpan di tempat terbuka tidak akan dikerumuni semut meskipun diletakkan di sembarang tempat.

4. Iming-iming kurma tanpa biji


Ada banyak oknum pedagang yang menyamakan kurma dengan semangka yang bisa dihasilkan tanpa biji. Padahal, kurma asli akan selalu memiliki biji meskipun teknologi canggih pertanian dibuat untuk mengakalinya.
Ciri khas kurma asli memang akan tetap memiliki biji dan jangan percaya dengan oknum yang menyebut bahwa kurma tanpa biji lebih praktis karena bisa langsung dimakan!

3. Tidak adanya serat kurma saat dimakan


Berbeda dengan kurma asli yang memiliki serat ketika digigit, kurma dengan pemanis buatan biasanya tidak memiliki serat. Hal inilah yang membedakan antara kurma asli dengan kurma berpemanis buatan yang patut diketahui oleh konsumen agar tidak tertipu.

2. Rasa manis baik di dalam dan permukaan kurma


Kurma yang menggunakan pemanis buatan akan terasa manis baik di dalam maupun diluar permukaan kurmanya. Hal tersebut karena kandungan glukosa yang dicampur ke dalam kurma biasanya akan menempel di luar permukaannya.

1. Rasa manis yang sangat menyengat



Kurma asli memiliki rasa manis yang alami dan tidak terlalu menyengat. Sedangkan kurma dengan pemanis buatan biasanya akan terasa sangat manis dan menyengat serta rasa manis yang tidak merata.
Selain itu, kurma dengan pemanis buatan akan membuat tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman.

Itu dia beberapa perbedaan antara kurma asli dan kurma yang menggunakan pemanis buatan. Jadilah pembeli yang pintar dengan meneliti barang-barang yang dibeli. Jangan asal harganya murah, kamu mengorbankan kesehatanmu sendiri ya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar