Selasa, 15 Mei 2018

5 Tips Mudah Mencegah Agar Pisau Nggak Mudah Tumpul

Pisau adalah salah satu peralatan dapur yang wajib ada. Dari memotong, mengupas, sampai membuka kemasan pun bisa digunakan. Makanya kamu wajib banget menjaga kebersihan dan kualitas pisau dapur agar tetap awet.

Semakin lama dipakai, pisau bisa tumpul atau bahkan berkarat. Tapi kamu nggak perlu khawatir, 5 cara perawatan di bawah ini bisa membuat pisau tetap awet dan nyaman digunakan. Yuk, disimak!

5. Gunakan alas untuk memotong yang tepat


Perhatikan alas potong yang kamu gunakan. Pilih alas atau talenan yang datar agar kualitas potongan lebih baik. Hindari penggunaan talenan kayu yang sudah agak lunak sehingga pisau bisa dengan mudah menancap. Hal ini akan mengurangi ketajaman pisau perlahan-lahan.

4. Segera bersihkan pisau sehabis memotong


Ketika memotong buah, daging, atau ikan, biasanya pisau jadi lengket. Bisa terkena getah, darah, atau bagian lemak. Segera cuci bersih pisau, jangan sampai cairan lengket itu mengering karena bisa mengakibatkan ketumpulan.

3. Simpan pisau dalam keadaan kering


Pastikan pisau sudah dalam keadaan kering sebelum kamu simpan. Jadi setelah dicuci, lap bersih sampai kering untuk menghindari karat. Pisau terbuat dari bahan logam, yang lama-lama akan berkarat jika banyak kontak dengan air.

2. Pisahkan pisau sesuai kegunaannya


Kamu bisa memisahkan pisau sesuai kegunaan. Ada pisau khusus daging, roti, sayur, dan pisau untuk makan. Pisau roti biasanya gak terlalu tajam, akan rusak jika kamu gunakan paksa untuk memotong daging. Begitu juga dengan jenis yang lain.

1. Rutin mengasah, tapi jangan terlalu sering


Mengatasi ketumpulan pisau paling mudah adalah dengan mengasahnya. Ada beberapa jenis asahan yang terbuat dari kayu, baja, dan logam lainnya. Ternyata, mengasah pisau dengan asahan baja adalah yang paling tepat. Gesekan antar logam ini lebih nyaman ketimbang interaksi logam dengan batu.

Perlu diketahui, lapisan karat bisa menempel atau bahkan terkikis dan ikut masuk dalam makanan. Wah, bisa jadi biang penyakit nih! Makanya, jaga selalu kebersihan peralatan memasak ya! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar